RSS

B. Pengertian Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup

          Dari yang paling sederhana yaitu organisme bersel tunggal sampai manusia yang kompleks, kehidupan ada di berbagai bentuk yang menakjubkan di Bumi. Biologi adalah studi tentang semua bentuk kehidupan dan semua sistem kehidupan. Dalam rangka untuk mempelajari keragaman yang luar biasa dari sistem tersebut, penting untuk mendefinisikan apa itu hidup dan tak hidup. Hidup didefinisikan oleh tidak ada karakteristik tunggal. Sebaliknya, ada sifat tertentu yang umumnya dimiliki oleh sistem kehidupan yang sistem tak hidup untuk tidak menunjukkannya. Makhluk hidup harus menunjukkan bukti semua sifat berikut, dan bukan atribut tunggal. Sebagai contoh, gula dan garam adalah kristal yang tumbuh tetapi bukan makhluk hidup.

          Perhatikan, apa bedanya meja belajar dan tumbuhan di sekitarmu? Apakah meja belajar dapat tumbuh dan berkembang, bernapas, dan berkembang biak? Bandingkan ciri-ciri meja belajar tersebut dengan ciri-ciri tumbuhan. Kemudian, apa beda tumbuhan dan kucing piaraanmu? Secara garis besar, benda-benda di alam semesta ini terdiri atas makhluk hidup dan benda tak hidup yang memiliki karakteristik tersendiri. Dalam tema ini, kamu akan mempelajari karakteristik makhluk hidup dan benda-benda tak hidup yang ada di lingkungan sekitar serta bagaimana mengklasifikasinya. Kamu akan kagum terhadap kebesaran Tuhan yang telah menciptakan bumi beserta segala isinya. Tuhan telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup dengan sangat teratur. Tuhan juga menciptakan alam semesta ini dengan sempurna, seperti air, udara, hutan, batuan, dan berbagai macam mineral yang terdapat dalam perut bumi. Oleh karena itu, kamu wajib selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kamu sebagai makhluk yang paling sempurna. Kamu juga wajib menjaga alam semesta ini agar tetap lestari dan tidak dicemari oleh berbagai macam zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Karena itu kamu harus bersungguh-sungguh mempelajari karakteristik benda-benda di sekitarmu kemudian mengklasifikasikannya berdasarkan sifat-sifat atau ciri-ciri dari benda-benda tersebut. Perhatikan gambar anak kecil dan mobil dibawah ini.

Lambo pengertian-cinta-di-mata-anak-anak

          Apa persamaan dan perbedaannya? Persamaannya adalah anak kecil yang sedang bermain bola dan mobil sama-sama dapat bergerak. Perbedaanya ialah mobil tidak dapat tumbuh dan berkembang, tidak dapat bernapas, dan tidak dapat berkembang biak, sedangkan anak kecil memiliki ketiga ciri tersebut. Mari kita perhatikan bersama, mobil bisa berjalan, manusia dan hewan juga bisa bergerak. Bagaimana halnya tumbuhan apakah juga bergerak? Daun melambai-lambai apakah itu bisa dikatakan gerak tumbuhan? Samakah gerak mobil dengan gerak manusia, hewan dan tumbuhan?

          Nah, lebih jelasnya simak penjelasan penjelasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup di halaman selanjutnya. Namun, sebelum membahas ciri-ciri makhluk hidup, coba kalian amati ciri-ciri antara makhluk hidup dengan benda mati yang ada di sekitarmu dengan melakukan kegiatan pada halaman berikutnya.

Test

Hopefully your learning so fun!!! 😉

<<<Back                                                                                                 Next>>>

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: