RSS

F. Benda Tak Hidup

animasi-tanda-tanya-216x300 url

         Benda tak hidup merupakan substansi yang tidak menjalankan pro­ses kehidupan. Ciri-ciri benda tak hidup tentunya berlawanan dengan ciri-ciri makhluk hidup seperti yang telah dikemukakan di atas. Jadi ciri-ciri benda mati antara lain adalah:

  • Tidak dapat bergerak

Benda tak hidup tidak dapat bergerak, kecuali kalau ada pengaruh luar. Batu bergerak karena pengaruh tenaga luar yang mengena pada batu tersebut.

  • Tidak mengadakan metabolisme

Benda tak hidup tidak mengadakan kegiatan nutrisi, respirasi, sintesa maupun ekskresi.

  • Tidak mempertahankan jenisnya

Benda tak hidup tidak ada usaha untuk mempertahankan keberadaannya (eksistensinya). Jadi benda mati tidak memiliki kegiatan regulasi, reproduksi, adaptasi maupun evolusi.

  • Tidak ada tanggapan terhadap rangsang

Benda tak hidup tidak mempunyai tanggapan terhadap rangsang yang diterimanya. Jadi benda mati akan diam saja meskipun datang rangsang bertubi-tubi dari luar.

         Pasir, kayu dan kaca adalah segala sesuatu yang tidak hidup. Tak satu pun dari mereka menunjukkan salah satu karakteristik yang tercantum pada ciri-ciri makhluk hidup. Makhluk tak hidup dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  1. Pertama, mereka yang tidak pernah berasal dari bagian dari makhluk hidup, seperti batu dan emas.
  2. Kelompok kedua adalah mereka yang pernah menjadi bagian dari makhluk hidup. Batubara adalah contoh yang baik. Ini dibentuk ketika pohon mati dan tenggelam ke dalam tanah lunak. Hal ini terjadi jutaan tahun yang lalu ketika bumi ditutupi dengan hutan. Kertas adalah makluk tidak hidup tetapi juga dibuat dari pohon. Selai juga non-hidup tapi itu dibuat dari buah tanaman.

emas meja kertas batu

 

Test

 

Untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan antara makhluk hidup dan benda tak hidup, kamu dapat lanjut ke halaman berikutnya.

 

Hopefully your learning so fun!!! 😉

<<<Back                                                                                                                                     Next>>>

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: