RSS

Semangat Jiwa Entrepreneur Si “Agent of Change”

24 Mar

images           Indonesia merupakan negara maritim yang berada diantara dua samudera dan dua benua, sehingga sekarang ini Indonesia masih termasuk ke dalam negara berkembang. Walaupun sudah termasuk ke dalam negara berkembang namun Indonesia masih memiliki angka pengangguran penduduknya yang tinggi, sehingga angka kemiskinan di Indonesiapun masih termasuk kategori negara miskin dibandingkan dengan negara-negara maju, seperti Amerika, Jepang, dan Korea Selatan.

           Berbicara masalah entrepreneur atau kewirausahaan, tentu tidak akan ada habisnya. Selama roda waktu masih berputar, maka dinamika rotasi kewirausahaan pun akan sejalan mengikutinya. Saat dunia ekonomi berbenah untuk meperbaiki dirinya , tentu di dalamnya mau tidak mau semangat jiwa entrepreneur sebagai bambu runcing gerilya mengubah peliknya pola pikir, pola tindakan, pola sosial, pola kepribadian serta pola spiritualitas para pemuda untuk menuju harapan pemerintah saat ini.

           Sebagai seorang yang dieluh-eluhkan dengan julukan si “Agent of Change” mahasiswa membawa peran perubahan besar bagi masyarakat Indonesia, baik sosial ekonomi, pendidikan maupun kebudayaan. Meski tugas utama seorang mahasiswa adalah menggali ilmu seluas-luasnya sebagai batu loncatan menuju gerbang masa depan, namun tidak memungkiri bahwa seorang mahasiswa harus memiliki nilai-nilai kreativitas tanpa batas dalam mengepakkan sayapnya dalam berbagai bidang.

           Entrepreneurship atau kewirausahaan merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi dalam kehidupan, sehingga kewirausahaan perlu di pupuk sejak dini untuk generasi muda guna melatih kemampuan membuka usaha untuk bekal nanti setelah terjun di masyarakat. Jiwa entrepreneurship yang di bangun sejak keluarga atau lembaga pendidikan akan mendorong untuk selalu mandiri dalam segala hal akan melatih jiwa seorang anak bertanggung jawab terutama pada dirinya sendiri. Belajar entrepreneurship memang bisa di lakukan kapan saja tergantung dari minat seseorang yang mempunyai skill. Namun, akan lebih baik jika entrepreneurship ditanamkan sejak dini, terutama generasi muda agar siap masuk dunia kerja.

           Di Indonesia banyak mahasiswa yang membiayai uang tunjangan kuliah dengan hasil jerih payah sendiri. Banyak mahasiswa membuka lapangan pekerjaan dan menemukan ide-ide dalam melakukan bisnis yang dimulai dari kesederhanaa, keuletan, kesabaran, dan kegigihan. Tidak luput dari sorotan mata bahwa pemuda Indonesia sudah banyak yang menjadi seorang pengusaha. Semangat jiwa entrepreneur pada para pemuda sangatlah membara dan penuh daya magnet tersendiri dengan kreativitasnya.

           Kita sebagai pemuda bangsa, penerus bangsa, si agent of change, selalu menanamkan motivasi semangat jiwa entrepreneur pada benak nurani. Semangat itulah yang harus terngiang-ngiang dalam hati dan sanubari para pemuda. Tidak memungkiri
peran orangtua sebagai motivator sangatlah dibutuhkan dan penting bagi keberhasilan dalam dunia kewirausahaan. Jika seorang anak sudah berani mencoba untuk memulai usahanya, orang tua harus terus mendorong semangat entrepreneur anak dan memberikan rangsang ide-ide kreatif.

           Dapat diketahui, tanpa adanya semangat jiwa entrepreneur dalam diri seseorang sebagai agen perubahan di bumi pertiwi ini, maka roda kewirausahaan tidak akan berjalan dan sistem perekonomian di negara ini akan tergerogoti serta tersungkur menjadi negara yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang berpotensi bagi negara. Jadi, pupuklah semangat jiwa entrepreneur sejak sekarang demi kemajuan dan berkembangnya stabilitas nasional dan penunjang pintu gerbang masa depan. Ketahuilah tanpa adanya semangat jiwa entrepreneur, kita tidak akan bisa meraih cita-cita berwirausaha dan tidak dapat berlari mengejar stabilitas perekonomian nasional.

Hopefully your learning so fun!!!😉

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Maret 2015 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: