Periodesasi dan Kronologi Sejarah

ImagePeriodesasi

1.      Periodesasi Sejarah

Periodesasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah. Pembabakan dilakukan karena rentang waktu atau masa sejak manusia ada hingga sekarang merupakan rentang yang sangat panjang sehingga para ahli atau sejarawan mengalami kesulitan untuk memahami maupun membahas masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia.

Contoh periodesasi sejarah Eropa purba: Pembahasan sejarah terfokus pada kehidupan dan perkembangan jenis-jenis manusia purba di Eropa, seperti: Homo Neanderthalensis (di Jerman), Cromagnon (Perancis), Piltdown dan Manusia Sussex (Inggris) dan lain sebagainya.

Secara umum periodesasi sejarah Indonesia di kelompokan menjadi beberapa jaman yaitu:

  • Prasejarah (jaman batu dan jaman logam)
  • Masuk dan berkembangnya pengaruh budaya India
  • Masuk berkembangnya islam
  • Jaman colonial
  • Jaman pendudukan Jepang
  • Revolusi kemerdekaan
  • Masa orde lama
  • Masa orde baru
  • Masa reformasi

2.      Kronologi Sejarah

Kronologi sejarah berarti sesuai dengan urutan waktu kejadian dari peristiwa sejarah tersebut, sehingga tidak berlangsung secara loncat-loncat. Walaupun demikian susunan kejadian berdasarkan urutan waktu tersebut harus tetap berkesinambungan dan menunjukan kuasalitas (sebab-akibat). Penyusun peristiwa berdasarkan urutan waktu tanpa adanya hubungan sebab akibat dinamakan kronik, bukan sebagai sejarah.

Contoh kronologi sejarah: pada abad ke-16 di daerah Jawa, pada tahun 1504-1546 Demak di bawah Sultan Trenggana menguasai Jawa Tengah dan daerah pesisir. Pada tahun 1527 Sunan Gunung Jati menakglukkan Sunda kelapa dan mengubah namanya menjadi Jayakarta. Pada tahun 1552 Sultan Hasanudin mengembangkan Banten sebagai pelabuhan lada dan menakhlukkan Pajajaran. Pada tahun 1584 Senopati menguasai Mataram dan meluaskan pengaruh ke Jawa bagian Tengah Selatan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s